Hari ini: Selasa, 21 Oktober 2014 12:25
Barometer Otomotif Terkini

Museum Etnobotani Bogor

Rabu, 27 April 2011 02:08

GriyaWisata.Com-Seorang Antropologi Amerika bernama Harshberger pada tahun 1895, memperkenalkan istilah Etnobotani. Yang mencakup pengetahuan mengenai jenis-jenis tumbuhan yang digunakan sebagai bahan makanan, pakaian, bangunan, pekakas, obat-obatan dan sesaji dalam upacara adat dan lain-lain. Etnobotani secara etimologi berasal dari kata etno yang berarti bangsa dan botani ilmu yang mempelajari tumbuh-tumbuhan. Jadi, Etnobotani adalah suatu ilmu yang mempelajari hubungan antara tumbuh-tumbuhan yang dimanfaatkan oleh suku/bangsa tertentu atau penduduk asli untuk kepentingan hidup sehari-hari.

Mula-mula gagasan untuk mendirikan Museum Etnobotani (MEI) oleh Prof. Sarwono Prawirohardjo, yang pada waktu itu menjabat sebagai Ketua Majelis Ilmu Pengetahuan Indonesia (MIPI) sekarang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), bertepatan dengan peletakan batu pertama pembangunan Herbarium Bogoriense pada tahun 1962.

Pada tahun 1975 gagasan tersebut dimantapkan kembali ketika Dr. Setiaji Sastrapraja yang menjabat sebagai Direktur Lembaga Biologi Nasional (LBN), dengan mengadakan pertemuan oleh para tokoh permuseuman, ahli ilmu sosial, kemasrakatan dan antrofologi serta pakar-pakar botani. Para peneliti yang khususnya dari Lembaga Biologi Nasional atau Puslit Biologi sekarang, mengumpulkan koleksi aretefakta dikumpulkan dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum_Etnobotani_Bogor1

Museum_Etnobotani_Bogor2Pada tanggal 18 Mei 1982 yang bertepatan dengan hari ulang tahun Kebun Raya Indonesia di Bogor yang ke 165, setelah melalui proses yang panjang, Museum Etnobotani terwujud dan diresmikan oleh Prof. Dr. Ing. B.J. Habibie. Museum Etnobotani Indonesia merupakan salah satu obyek wisata ilmiah, karena didalamnya memberikan informasi pengetahuan tentang bagaimana tumbuhan atau sumber daya nabati terdapat hubungan/kaitan dengan suku-suku bangsa di Indonesia terutama untuk pemanfaatan dalam kehidupan sehari-hari.

Museum_Etnobotani_Bogor3

Museum_Etnobotani_Bogor4

Museum_Etnobotani_Bogor5Hingga sekarang obyek wisata ilmiah Museum Etnobotani Indonesia ini dikelola oleh Pusat Penelitian Biologi LIPI Bogor. Lokasi ruang pameran sebelum diisi dengan koleksi/artefak sekarang adalah ruangan koleksi batu mineral yang sekarang berada di Museum Geologi Bandung. Letak ruang pameran Museum Etnobotani Indonesia berada di Lantai Dasar Gedung Herbarium Bogoriense atau Bidang Botani Puslit Biologi sekarang. Lokasi cukup strategis karena berada di tengah kota Bogor dan berdekatan dengan Kebun Raya Indonesia Bogor.[tn]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Makanan Sehat, Membuat Anda Semakin Cantik Dan Bugar, Bagaimana Sajiannya....
Liburan Hemat Bersama Keluarga Idaman Anda, Promo Berbagai Destinasi Terbaik. Hub: 0215747057
Hotel Ini Sangat Pantas Bagi Anda, Murah, Bersih, Dekat Pantai, Lokasi Sangat Bagus Dengan View Bagus
Inovasi Terkini Nan Elegan Dan Lebih Menarik Membuat Produk Anda Semakin Diburu, Segeran Iklankan Produk Anda Di Sini.
Dapatkan Tiket-tiket Promo Liburan Keluarga Anda, Perjalanan Dinas, Online Domestik Dan Internasional, Resv: 0215747057

TOUR & TRAVEL GUIDE

Trik Memilih Sepatu Yang Pas
GriyaWisata.com- Pemilihan sepatu yang tepat merupakan hal penting untuk para pelari dan salah satu bahan pertimbangan adalah memilih sepatu berdasarkan bentuk kaki, kata dokter spesialis kesehatan olah raga dr. Zaini K. Saragih, SpKO di Jakarta, belum lama ini.  

BEIJING-XIAN MUSLIM 7D6N
Berangkat 27 Desember 2014 by CA-978Mengunjungi:Grand Theater Nasional, Tiananmen Square, The Forbidden City, the National Grand Theater, China imperial palace, The Juyongguan Great Wall, Wangfujing Snack Street, Madian Mosque, Niujie Mosque, China Muslim Supermarket, Beijing Olympic Stadium, amazing Acrobatics Show, Nandouya Mosque, Terracotta Warriors and Horses Museum, Daming Palace National Heritage Park, Ancient City Wall, Bell Tower dan Drum Tower Square, Big Wild Goose Pagoda Square