Hari ini: Sabtu, 6 Februari 2016 18:14
Barometer Otomotif Terkini

Perayaan Maulid Khas Cirebon

Jumat, 3 Februari 2012 13:00

CIREBON, GRIYAWISATA.com - Cirebon dikenal sebagai salah satu pusat penyebaran Islam di Jawa Barat. Dalam menyambut Maulid Nabi, Cirebon mempunyai acara yang khusus dan sakral bernama Muludan. Puncak perayaan yang diagungkan oleh masyarakat Cirebon tersebut adalah Panjang Jimat.

Berkunjung ke Cirebon, Anda akan dapat menikmati suguhan alam, kuliner, dan peninggalan-peninggalan dalam penyebaran agama Islam ratusan tahun lalu. Cirebon sangat terkenal dengan 3 hal tersebut. Apalagi dalam menyambut Maulid Nabi pada tanggal 5 Februari besok. Panjang Jimat adalah salah satu acara yang terbesar di Cirebon dalam merayakan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang disebut Muludan.

Prosesi Muludan di Cirebon diawali dengan perhelatan pasar malam yang meriah di alun-alun Kraton Kasepuhan, yang bersisian dengan Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Perayaan ini tidak hanya dihadiri oleh masyarakat Cirebon, tapi juga dari Bandung, Banten dan Jakarta.

Nah, Panjang Jimat yang menjadi puncak acara, adalah tradisi yang sudah berlangsung selama ratusan tahun dan masih dipertahankan sampai sekarang. Acara Panjang Jimat dilakukan di tiga keraton, yaitu Keraton Kasepuhan, Keraton Kanoman, dan Keraton Kacirebonan, serta di makam Sunan Gunung jati. Sebelum perayaan berlangsung, berhari-hari sebelumnya pihak dari keraton sudah sibuk membersihkan dan menyiapkan beberapa sajian.

Acara Panjang Jimat dalah perayaaan yang besar dan sakral. Panjang Jimat mengajak setiap umat Islam untuk terus mengingat dan mengerjakan ajaran-ajaran Nabi Muhammad SAW. Dalam acara ini, Anda akan melihat iring-iringan dari benda-benda pusaka di dalam tiap Keraton yang menjadi simbol dan peninggalan-peninggalan saat masa penyebaran agama Islam di Cirebon. Panjang Jimat mengandung unsur adat, budaya dan kandungan-kandungan dari agama Islam.

Panjang Jimat memiliki arti, yaitu panjang atau waktu yang lama dan jimat yaitu 'siji di rumat' yang mempunyai arti dua kalimat syahadat yang secara terus-menurus dipelihara dan diamalkan. Dalam acara Panjang Jimat, juga diadakan bacaan-bacaan shalawat yang memuji dan mendoakan Nabi Muhammad SAW. Serta ada ceramah tentang kisah-kisah Nabi Muhammad SAW yang patut dicontoh dan diteladani.

Acara ini berlangsung sangat khidmat, serta juga dihadiri oleh keluarga dari sultan, abdi dalem dan ribuan masyarakat Cirebon. Masyarakat yang menyaksikan Panjang Jimat, rela berdiri dan berjalan berjam-jam demi ikut dalam perayaan Maulid Nabi.

Dengan mengikuti acara Panjang Jimat, Anda akan banyak mendapatkan alkuturasi budaya dan ajaran-ajaran berharga tentang Nabi Muhammad SAW.[i]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Beberapa Manfaat Sinar Matahari untuk Kesehatan Tubuh Manusia
Jakarta,GriyaWisata.Com - Menurut beberapa ahli ada yang menyebutkan bahwa sinar matahari dapat membuat kerusakan pada kulit dan pada beberapa kasus bahkan kanker, namun perlu diketahui bahwa tak berarti matahari selalu buruk untuk tubuh.

Berselancar di Sungai Ini Sangat Menantang Dan Dijamin Seruu
GriyaWisata.Com - Di provinsi tersebut terdapat sedikitnya dua taman nasional yakni Taman Nasional Tesso Nilo dan memiliki Taman Nasional Bukit Tigapuluh yang miliki fungsi sebagai pusat konservasi flora dan fauna seperti harimau Sumatera, beruang madu, tapir serta lain-lain.