Hari ini: Jumat, 28 November 2014 23:44
Barometer Otomotif Terkini

Tradisi Mandi Potong Balimau

Minggu, 5 Juni 2011 02:00

GriyaWisata.Com-Ada yang membuat beda Kabupaten Kampar dengan daerah lain, khususnya di Riau. Selain bahasanya yang unik-bahasa Ocu- di daerah ini ada sebuah tradisi sebelum memasuki bulan Puasa Ramadhan, yaitu tradisi Mandi Potang Balimau. Dalam bahasa Ocu, kata Potang tersebut memiliki beberapa makna, pertama artinya kemarin, dan arti yang kedua adalah sore atau senja. Sedangkan Balimau artinya menggunakan Limau atau jeruk - dalam hal ini jeruk nipis - yang telah iris dan direbus.

Jika diartikan, Mandi Potang Balimau adalah mandi yang dilakukan oleh masyarakat Kampar pada sore hari menjelang masuknya tanggal 1 Ramadhan, dengan menggunakan limau. Mandi Potang Balimau ini dilakukan di tepian sungai Kampar-sebuah sungai terpanjang di Riau- dengan airnya yang jernih. Ada juga yang menyebutkan mandi balimau dengan sebutan mandi Balimau Kasai. Selain di Sungai Kampar, ada juga masyarakat yang melakukannya di rumah-rumah sendiri.

riau1riau2Digunakan Limau tujuannya adalah untuk membersihkan kulit kepala dari ketombe, membersihkan kuku jari kaki dan tangan. Sedangkan Kasai yang terbuat dari beras dan kunyit yang dihaluskan, berfungsi sebagai menghaluskan kulit dan muka. Mungkin zaman sekarang tepatnya luluran. Tradisi ini sudah lama dilakukan secara turun-temurun. Tidak ada yang tahu kapan persis adanya tradisi ini. Akan tetapi kemungkinan besar kegiatan tradisional ini telah dilakukan ratusan tahun yang lalu. Tapi mulai dijadikan sebagai sebuah even wisata dilakukan belasan atau 20 tahun yang lalu.

Selain itu jika ingin mandi di sungai ini, jangan pernah bergabung dengan para wanita, karena antara topian (tempat mandi) laki-laki dengan perempuan ada tempat khusus, yaitu antara tempat lak-laki dengan perempuan berjarak sekitar 20 meter dan selang-seling. Dalam Mandi Balimau Kasai pada awalnya tidak dilakukan secara bercampur antara laki-laki dengan perempuan, akan tetapi akhir-akhir ini hal tersebut sudah tidak diindahkan lagi.

riau3riau4Kalau kita lihat apa yang terjadi saat ini, tradisi Mandi Potang Balimau Kasai, sudah sangat jauh dilencengkan. Kita hanya akan melihat kegiatan yang sifatnya hura-hura dan pergaulan yang tidak sepantasnya dilakukan didepan umum. Bahkan yang memalukan adalah mandi bersamaan yang dilakukan anak muda laki-laki dengan perempuan dan juga mabuk mabukan. Padahal dulunya, tradisi ini merupakan hal yang tergolong sakral. Sebelum memasuki bulan puasa atau sebelum magrib, anak, anak kemenakan dan menantu atau juga yang tua serta murid, akan mendatangi orang tua, mertua, mamak (paman), kepala adapt, atau guru mereka dalam rangka meminta maaf menjelang masuk bulan suci.

riau5riau6Kedatangan generasi muda menjenguk orang tua akan disertai dengan iring-iringan dan membawa bahan Limau dan Kasai, serta membawa jambau (makan-makanan). Akan tetapi jangan harap hal semacan ini akan dijumpai. Jika anda datang ke Kampar, anda mungkin hanya menjumpai tempat-tempat hiburan yang dikerumuni masyarakat dan tidak akan mengisyaratkan akan memasuki bulan Ramadhan.[kll]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Mengunjungi: Bukit Sabda Bahagia, Gunung Karmel, Bukit Zion, Kubur Raja Daud, Kapel Kenaikan Yesus Ke Surga, Gereja Bapa Kami, Golgota ...
Dapatkan Tiket-tiket Promo Liburan Keluarga Anda, Rencanakan Mulai Dari Sekarang, Seat Sangat Terbatas, Buruan.... Booking.
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita, Untuk Yang Bulan Madu Juga Pas Banget Lho...
Kemana Ya Liburan Akhir Tahun Ini.... ? Di Tempat Ini Sangat Bagus Lho, Objeknya Sangat Bagus, Kesannya Sangat Romantis, Saat Ini Lagi Tren
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita,

TOUR & TRAVEL GUIDE

Trik Agar Nyaman Berada di Bandara
GriyaWisata.com- Perjalanan bandara bisa stress tetapi tidak perlu dengan tips ini untuk pengalaman bandara,  

Trik Jitu Pakai Kutek Yang Tepat
GriyaWisata.com- Kutek atau cat kuku memang serig diandalkan banyak remaja saat ini untuk memoles penampilannya agar terlihat makin gaya dan keren. Tapi bagaimana tips memilih kutek yang tepat?