Hari ini: Jumat, 28 November 2014 10:59
Barometer Otomotif Terkini

Taman Wisata Alam Laut Pulau Kassa

Kamis, 18 November 2010 04:01

Griyawisata.com, Pulau kassa, pulau yangterletak di Propinsi maluku, kabupaten Seram Bagian Barat, Kecamatan seram barat piru. Pulau kosong yang tidak berpenghuni ini berhadapan dengan Desa Lokki & Desa Kaibobu. Dan pulau ini akan dijadikan sebagai tempat pariwisata bahari, yangakan di resmikan olehPemerintah kabupaten SBB.

Pulau Kassa merupakan pulau karang yang tidak memiliki sungai dengan ketinggian 0-4 m dpl, luas daratan hanya 900 ha dan selebihnya (1.100 Ha) merupakan perairan. Namun untukpotensi kekayaan flora,yaitu : Anggrek Bulan Ambon (Phalaenoopsis amboinensis), Pulai Laut (Alstonia scolaris), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Bintangur (Callophylum sp.), Pandan Laut (Pandanus sp.) Bakung Laut (Crinum asiaticum), Beringin Pantai (Ficus benjamina) dan Ketapang (Terminalia cattapa).

Selain itu,Pulau Kassa juga memiliki berbagai potensi kekayaan fauna, antara lain : Biawak Ambon (Varanus indicus), Soa-soa (Hydrosaurus amboinensis), dan Burung Gosong (Megapodius reinwardtii), Kus-kus (Phalanger sp.). Serta beberapa jenis burung yang dilindungi seperti : Elang Laut Perut Putih (Haliaeetus leucogaster), Raja Udang Pantai (Halcyon saurophaga), Gegajahan Besar (Numenius arguata orientalis), serta jenis lain yang tidak dilindungi, seperti : Burung Pombo Biru Dada Putih (Ducula bicolor), Burung Ekor Kipas (Rhipidura sp.).

Namun, juga terdapat biota laut,yakni : Kima Raksasa (Tridanca gigas), Kima Sisik (Tridanca squamosa), Kima Cina (Hippocus porcelangus), Triton Terompet (Cheronia tritonis), Koral Lunak (Sarcophyton trocheliophorum), Koral Bulu Ayam (Aglophenia cupressina), Koral Kuping (Echinophora sp.), Koral otak (Lobophyton sp.), koral jamur (Fungia sp.), Mimi (Tachypleus tridentatus), Ikan Botana Biru (Acanthurus lecusternon), Ikan Bendera (Chetodon sp.), dan Ikan Biji Nangka (Zanclos canancen).

Aktivitas yang bisa yang anda lakukan disini adalah, seperti Diving, Snorkeling, dan sekedar bersantai sambil menikmati wisata alam. Untuk mencapai ke kawasan Pulau Kassa, dapat ditempuh dengan jalan darat dari Ambon dengan menggunakan Bus Antar Kota Dalam Propinsiatau angkot ke Desa Liang (Dermaga Ferry Hunimua)kurang lebih 1,5jam. Kemudian perjalanan bisadilanjutkan dengan menggunakan penyeberangan Ferry ke Waipirit selamalebih 2-2,5 jam. Selanjutnya, perjalanan darat ke Desa Piru. Dari Desa Piru dilanjutkan dengan perahu (sampan) menuju ke lokasi tujuan.[wlmn/yd]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Mengunjungi: Bukit Sabda Bahagia, Gunung Karmel, Bukit Zion, Kubur Raja Daud, Kapel Kenaikan Yesus Ke Surga, Gereja Bapa Kami, Golgota ...
Buat Nyaman Perjalanan Liburan Keluarga Idaman Anda, Kami Menyediakan Mobil Terbaik, Siap Pakai, Dapatkan Paket Spesial Akhir Tahun...
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita, Untuk Yang Bulan Madu Juga Pas Banget Lho...
Dapatkan Tiket-tiket Promo Liburan Keluarga Anda, Rencanakan Mulai Dari Sekarang, Seat Sangat Terbatas, Buruan.... Booking.
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita,

TOUR & TRAVEL GUIDE

Trik Agar Nyaman Berada di Bandara
GriyaWisata.com- Perjalanan bandara bisa stress tetapi tidak perlu dengan tips ini untuk pengalaman bandara,  

Trik Jitu Pakai Kutek Yang Tepat
GriyaWisata.com- Kutek atau cat kuku memang serig diandalkan banyak remaja saat ini untuk memoles penampilannya agar terlihat makin gaya dan keren. Tapi bagaimana tips memilih kutek yang tepat?