Hari ini: Rabu, 23 April 2014 21:24
Barometer Otomotif Terkini

Taman Wisata Alam Laut Pulau Kassa

Kamis, 18 November 2010 04:01

Griyawisata.com, Pulau kassa, pulau yangterletak di Propinsi maluku, kabupaten Seram Bagian Barat, Kecamatan seram barat piru. Pulau kosong yang tidak berpenghuni ini berhadapan dengan Desa Lokki & Desa Kaibobu. Dan pulau ini akan dijadikan sebagai tempat pariwisata bahari, yangakan di resmikan olehPemerintah kabupaten SBB.

Pulau Kassa merupakan pulau karang yang tidak memiliki sungai dengan ketinggian 0-4 m dpl, luas daratan hanya 900 ha dan selebihnya (1.100 Ha) merupakan perairan. Namun untukpotensi kekayaan flora,yaitu : Anggrek Bulan Ambon (Phalaenoopsis amboinensis), Pulai Laut (Alstonia scolaris), Cemara Laut (Casuarina equisetifolia), Waru Laut (Hibiscus tiliaceus), Bintangur (Callophylum sp.), Pandan Laut (Pandanus sp.) Bakung Laut (Crinum asiaticum), Beringin Pantai (Ficus benjamina) dan Ketapang (Terminalia cattapa).

Selain itu,Pulau Kassa juga memiliki berbagai potensi kekayaan fauna, antara lain : Biawak Ambon (Varanus indicus), Soa-soa (Hydrosaurus amboinensis), dan Burung Gosong (Megapodius reinwardtii), Kus-kus (Phalanger sp.). Serta beberapa jenis burung yang dilindungi seperti : Elang Laut Perut Putih (Haliaeetus leucogaster), Raja Udang Pantai (Halcyon saurophaga), Gegajahan Besar (Numenius arguata orientalis), serta jenis lain yang tidak dilindungi, seperti : Burung Pombo Biru Dada Putih (Ducula bicolor), Burung Ekor Kipas (Rhipidura sp.).

Namun, juga terdapat biota laut,yakni : Kima Raksasa (Tridanca gigas), Kima Sisik (Tridanca squamosa), Kima Cina (Hippocus porcelangus), Triton Terompet (Cheronia tritonis), Koral Lunak (Sarcophyton trocheliophorum), Koral Bulu Ayam (Aglophenia cupressina), Koral Kuping (Echinophora sp.), Koral otak (Lobophyton sp.), koral jamur (Fungia sp.), Mimi (Tachypleus tridentatus), Ikan Botana Biru (Acanthurus lecusternon), Ikan Bendera (Chetodon sp.), dan Ikan Biji Nangka (Zanclos canancen).

Aktivitas yang bisa yang anda lakukan disini adalah, seperti Diving, Snorkeling, dan sekedar bersantai sambil menikmati wisata alam. Untuk mencapai ke kawasan Pulau Kassa, dapat ditempuh dengan jalan darat dari Ambon dengan menggunakan Bus Antar Kota Dalam Propinsiatau angkot ke Desa Liang (Dermaga Ferry Hunimua)kurang lebih 1,5jam. Kemudian perjalanan bisadilanjutkan dengan menggunakan penyeberangan Ferry ke Waipirit selamalebih 2-2,5 jam. Selanjutnya, perjalanan darat ke Desa Piru. Dari Desa Piru dilanjutkan dengan perahu (sampan) menuju ke lokasi tujuan.[wlmn/yd]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Pusat Tiket Promo Online Untuk Tujuan Domestik, Internasional, Seat Terbatas, Buruan Booking..... Resv: 0215747057
Cari Hotel Bersih, Murah ? Dapatkan Benefit Dari Reservasi Kami Dan Kami Berikan Harga Terbaik. Resv : 0215747057
Rencanakan Perjalanan Keluarga Anda Dengan Wisata Hemat Ke Bali, Lombok Dan Destinasi Lainnya. Informasi
Solusi Promosi Hemat Produk-produk Perusahaan Anda, Dan Dapatkan Target Terbaik. Hub. 0215747057, 02182434009

TOUR & TRAVEL GUIDE

Dokumentasikan Perjalanan Dengan Kamera Ini
GriyaWisata.com - Mendokumentasikan kegiatan selama perjalanan merupakan hal utama yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda yang memang mempunyai atau baru saja memulai hobi travelling. Kenangan yang didapat selama perjalanan bisa jadi tidak bisa terulang meski dilakukan berkali-kali. Hal ini yang menjadikan dokumentasi perjalanan menjadi hal yang penting dan bisa menjadi kenangan untuk dibagi dengan orang lain. 

Begini Cara Agar Si Buah Hati Nyaman Saat Berwisata
GriyaWisata.com - Berwisata sekeluarga memang menagsikkan. Semua keluarga dapat menikmati keindahan dan keunikan alam yang akan dikunjungi. Namun bagaimana jika Anda itu membawa si buah hati yang imut. Tentunya hal tersebut dapat menjadikan liburan Anda ketempat wisata menjadi lengkap dan menjadikan hal paling bahagia. Di perjalanan Anda perlu menenangkan si buah hati agar tidak terlihat stress saat sampai tujuan.