Hari ini: Minggu, 24 Juli 2016 23:25
Barometer Otomotif Terkini

Gendang Beleq Merupakan Alat Musik Tradisional Khas Kota Lombok

Jumat, 24 Juni 2011 05:25

GriyaWisata.Com-Gendang Beleq merupakan salah satu musik rakyat yang kini merakyat dan tetap diminati hingga kini. Maka, tidak salah kalau festival musik tradisional ini mampu memikat  ribuan orang untuk bergembira bersama-sama menyaksikan kekayaan dan keunikan budayanya.

Gendang Beleq adalah musik penyemangat yang tadinya hanya digunakan sebagai musik pengantar prajurit yang akan turun ke medan perang.

Dukungan yang baik terhadap musik Gendang Beleq telah diberikan Pemerintah Daerah sehingga tidak mengherankan jika Gendang Beleq makin mampu menunjukkan eksistensinya sebagai tradisi dan budaya yang kuat serta mampu diterima dan membaur dalam masyarakat Lombok.

Gendang_Beleq1Kekhasan dan keunikan yang dimiliki NTB adalah aset yang paling berharga dan tidak bisa dimungkiri, Gendang Beleq telah menjadi salah satu ikon Lombok, yang mampu menyedot perhatian banyak orang.

Gendang_Beleq2Perkembangan Gendang Beleq bukan hanya berdampak pada apresiasi masyarakat, tetapi juga pada usaha kerajinan. Pengrajin Gendang Beleq tersebar di Lombok. Untuk membuatnya digunakan kulit kambing jantan yang terpilih dan kulit depan (bagian yang ditabuh) sedangkan di bagian belakang dipakai kulit kambing betina. Ukuran Gendang Beleq, biasanya dengan garis tengah 40 cm 60 cm dan panjangnya 103 cm-112 cm. Untuk membuat Gendang Beleq lebih sering menggunakan kayu yang ringan.

Gendang_Beleq3Gubernur menghimbau agar kesenian, budaya, dan tradisi NTB dijaga dan dilestarikan karena menjadi kekayaan dan potensi dari daerah NTB yang kini gencar mengembangkan pariwisata.[serli]


Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Beberapa Tips Yang Harus Traveler Tahu Tentang Turbulensi Pesawat
Jakarta,GriyaWisata.Com  Bagi traveler yang sering menggunakan pesawat terbang pasti pernah mengalam turbelensi. Apa itu Turbelensi??, Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar. Turbulensi pada dasarnya merupakan hal yang wajar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang  dan jangan panik.

Bermain Air Di Pantai Suwuk Sambil Kuliner Ria Di Kebumen
Jawa Tengah,GriyaWisata.Com - Bagi traveler yang belum pernah datang ke pantai Suwuk Kebumen maka traveler harus siapkan waktu untuk jalan-jalan ke pantai berpasir hitam ini.