Hari ini: Rabu, 5 Agustus 2015 03:00
Barometer Otomotif Terkini

Utamakan Sistem Keselamatan Dan Keamanan Jiwa Wisatawan

Selasa, 26 Juni 2012 15:00
Ilustrasi Istimewa

GriyaWisata.com - Pada musim liburan banyak objek wisata yang menjadi sasaran untuk berlibur, terutama pada moment liburan Idul Fitri, maka hal ini dapat menyebabkan beberapa kejadian dan peristiwa, jadian yang paling menonjol selain kemacetan yang luar biasa di ruas jalan menuju objek wisata, dan juga  masih banyaknya kasus kecelakaan akibat tenggelamnya wisatawan di berbagai objek yang terkait dengan air. Termasuk dalam urusan ini adalah pantai, air terjun (curug), sungai, wahana permainan pemandian buatan, dan lainnya.

Serentetan kejadian tersebut semakin dibuat pilu dengan tenggelamnya kapal motor penumpang (KMP) Windu Karsa di Kolaka, Sulawesi Tenggara, yang beberapa hari ini puluhan penumpangnya belum berhasil ditemukan.

Dengan banyaknya kejadian ini, seharusnya penggelola objek wisata harus memberikan rasa aman dan nyaman kepada penggunjung. Dan memberikan fasilitas yang layak kepada objek wisata ini. Ada kesan, perhatian yang diberikan hanya pada persoalan fasilitas wisata "buatan", seperti "flying fox", "tornado", dan wahana lainnya yang memiliki potensi risiko keselamatan bagi wisatawan penggunanya. Sebelum ini di beberapa tempat, sudah sering terjadi adanya kecelakaan.

Hal ini sangat penting karena secara geografis dan geologis, wilayah Indonesia memang negara yang memiliki banyak pantai, danau, air terjun dan objek wisata air lainnya. Apalagi ada juga kesan, persoalan keselamatan di objek wisata alami, adalah semata-mata tugas dari tim Search and Rescue (SAR), alias masih menggunakan terminologi "menyelamatkan atau menolong (saat kejadian)" bukan preventif (mencegah). Terminologi ini sebenarnya terminologi yang menggampangkan masalah, atau melempar tanggung jawab, dan sama sekali tidak menyelesaikan persoalan dari akarnya.[tka]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Singapore & Malaysia + MotoGP SIC 5D4N
Highlight:Marina Bay Sand, Sky Park, Fountain of Wealth, Esplanade by the bay, Merlion Park, Chinatown, Twin Tower, King Palace, Independence Square, National Monument, Genting Highland, Batu Cave, Sepang MotoGP

11 Hari NAPAK TILAS di BUMI para NABI (JORDANIA–PALESTINA–Al Aqsa
Ziarah jejak para Nabi:Ibrahim AS, Ishaq AS, Yakub AS, Yusuf AS, Musa AS, Harun AS, Syu’aib AS, Yusha bin nuun AS, Saleh AS, (tempat lahir Nabi Isa AS), Siti Sarah(istri Nabi Ibrahim AS), Rifqah(istri nabi Ishaq AS) Tempat yang di kunjungi:Mesir: Makam Imam Sya’fi RA, Terusan Suez, Mata Air Musa, Al Wadi Al Muqaddas, Gn.Sinai (Jabal Al thur), Piramida, Sungai NIL.Palestina: Masjid Al Aqsa, Dome Of The Rock, Tembok Ratapan, Makam Salman Al Farisi, Rabiah El-Adawiyah, Masjid Umar Bin Khatab, Makam Nabi Daud AS, Tempat Lahir Nabi Isa AS, Makam Nabi Ibrahim AS, Dll.Jordania: Makam Bilal bin Rabah (Muazzin Rasulullah), Abd Rahman bin Auf, Gua Ashabul Kahfi.