Hari ini: Sabtu, 19 April 2014 16:23
Barometer Otomotif Terkini

Perlu Budidaya Tanaman Mangga Udang

Jumat, 1 Februari 2013 05:00
Ilustrasi (istimewa)

GriyaWisata.com - Tanaman mangga udang yang menjadi komoditas unggulan di Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara, Sumatera Utara, saat ini perlu diremajakan mengingat usianya yang sudah tua sehingga produktivitasnya cenderung makin menurun.

 

 
“Peremajaan pohon mangga di sekitar Kecamatan Muara tersebut perlu dilakukan, agar tanaman baru dapat tumbuh dan berproduksi optimal,” kata Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) Kecamatan Muara, Lumban Toruan di Muara.
 
Menurut dia, komoditas yang perlu mendapat peremajaan tersebut, umumnya dibudidayakan petani di kawasan Sibandang, sehingga pulau itu sering dijuluki “pulau mangga”, dan merupakan pulau terbesar kedua di Danau Toba dengan luas sekitar 1.194 hektar dan hampir seluruhnya ditanami pohon mangga.
 
Secara rinci, Lumban Toruan tidak dapat menjelaskan luas pertanaman mangga di wilayah tersebut, namun diakuinya hampir seluruh warga yang berprofesi sebagai petani di kecamatan berpenduduk sekitar 15.171 juta jiwa yang tersebar dalam 15 desa itu membudidayakan mangga sebagai pilihan utama.
 
Mangga udang Muara, kata dia lebih dikenal dengan mangga Parapat, meski sebetulnya buah segar yang manis itu kebanyakan dipasok dari kawasan pulau Sibandang yang menjadi potensi unggulan khas daerah tersebut sejak dulu, dengan musim panen sekitar Agustus hingga Desember.
 
Bahkan, kata dia, peluang komoditas dimaksud menembus pasar hingga ke luar negeri akan semakin besar lewat pengiriman kargo, dengan dibukanya jalur penerbangan langsung dari bandara internasional Hang Nadim ke Bandara Silangit, Kabupaten Tapanuli Utara.
 
Menurut dia, pada saat musim panen besar, tidak kurang dari 10 ton mangga segar dikirim ke Medan untuk memenuhi permintaan konsumen, di samping tujuan pemasaran ke daerah lainnya, seperti Pekanbaru, Sibolga serta sebagian kecil di pulau Jawa.
 
Sementara itu, seorang petani setempat, Rajagukguk menyebutkan, dia bersama keluarganya telah membudidayakan pertanaman tersebut sejak beberapa generasi sebelumnya, selain mengusahai tanaman padi dan bawang.
 
Dikatakannya, mengusahai pertanaman mangga tidak memerlukan pemeliharaan dan perawatan yang terlalu rumit, namun diakuinya akhir-akhir ini kebun miliknya tidak lagi berproduksi maksimal seperti musim panen pada tahun sebelumnya.
 
“Diduga karena usia tanaman sudah terlalu tua, sehingga tidak lagi berproduksi maksimal dan memang sudah perlu dilakukan peremajaan tanaman, agar kejayaan mangga udang Muara dapat dipertahankan,” kata Rajagukguk.[ant/bm]
Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
Klik disini untuk berkomentar menggunakan account anda
   
Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Cari Hotel Bersih, Murah ? Dapatkan Benefit Dari Reservasi Kami Dan Kami Berikan Harga Terbaik. Resv : 0215747057
Pusat Tiket Promo Online Untuk Tujuan Domestik, Internasional, Seat Terbatas, Buruan Booking..... Resv: 0215747057
Rencanakan Perjalanan Keluarga Anda Dengan Wisata Hemat Ke Bali, Lombok Dan Destinasi Lainnya. Informasi
Solusi Promosi Hemat Produk-produk Perusahaan Anda, Dan Dapatkan Target Terbaik. Hub. 0215747057, 02182434009

TOUR & TRAVEL GUIDE

Trik Atasi Kulit Kusam
GriyaWisata.com - Kulit kusam merupakan sesuatu yang tidak di inginkan oleh semua kalangan apalagi pada wanita, karena wanita selalu ingin terlihat menarik dan selalu tetap cantik tapi kurangnya tidur dan gaya hidup yang kurang sehat dapat menimbulkan kekusaman pada kulit. 

Kiat Kenali Beberapa Susu
GriyaWisata.com - Ada berbagai jenis susu yang beredar di pasaran, selama ini Anda selalu menikmati susu yang mana? Jika Anda belum tahu jenis susu selain yang dihasilkan oleh sapi, sebaiknya Anda menyimak berbagai varietas susu seperti yang dilansir dari Marie Claire  berikut ini.