Hari ini: Sabtu, 22 November 2014 09:39
Barometer Otomotif Terkini

Hebohh... Pasar Tanggulangin Diserbu Wisatawan

Senin, 19 Maret 2012 13:35

Griyawisata.Com -- Pengrajin tas dan kulit di kawasan Pasar Wisata Tanggulangin bisa tersenyum. Pasalnya, kian hari kawasan tersebut didatangi banyak wisatawan dan berimbas pada kenaikan omzet mereka.

Awalnya, semburan lumpur Lapindo sempat memaksa banyak pengusaha tas dan kulit di kawasan tersebut gulung tikar. Padahal sebelum bencana lumpur datang, Pasar Wisata Tanggulangin menjadi salah satu tujuan wisata belanja di Jawa Timur.

Ahmad Muzzaki, salah seorang pengusaha tas dan kulit mengaku usaha kerajinan tas dan kulit mulai bergeliat lagi sejak 2009. Namun, belum sepenuhnya pulih karena sering terjadi kemacetan di Jalan Raya Porong.

"Sejak Jalan Arteri Porong dibuka, dalam beberapa hari ini ada kenaikan wisatawan yang berkunjung ke sini," ujarnya.

Diakui pria yang akrab disapa Zaki tersebut, dampak dibukanya Jalan Arteri Porong, bus pariwisata tidak terjebak macet dan bisa mengarahkan tujuan wisatanya ke Tanggulangin. Sebab, selama ini banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah atau akan ke Malang tidak melewati Jalan Raya Porong.

Dibukanya Jalan Arteri Porong disambut baik oleh pengusaha tas dan kulit. Diharapkan kerajinan tas dan produk kulit lainnya yang memang asli Tanggulangin bisa lebih bergairah lagi. Jika pascakeluar semburan lumpur Lapindo banyak showroom yang tutup, kini sebagian besar sudah dibuka lagi.

"Kalau hari libur, seperti Sabtu dan Minggu banyak pengunjung. Apalagi kalau libur sekolah dan libur panjang lainnya," imbuh Sulton, salah satu perajin tas dan kulit.

Sekadar diketahui, Pasar Wisata Tanggulangin merupakan kawasan wisata belanja yang menjadi andalan Kabupaten Sidoarjo. Dalam sebulan, setiap pengusaha bisa membubukan omzet sampai Rp500 juta.

Namun setelah munculnya semburan lumpur Lapindo, kawasan tersebut berangsur sepi. Tak lain karena masyarakat mengira kalau kawasan tersebut terimbas lumpur. Ditambah lagi, akses menuju kawasan di Jalan Raya Porong kerap macet sehingga pengusaha paket wisata memilih
mencari kawasan lain yang masih lancar.

Faktor lain yang membuat kawasan tersebut semakin sepi adalah kurangnya publikasi dan pameran yang dilakukan Pemkab Sidoarjo. Alhasil, pengrajin tidak bisa memasarkan produknya ke luar daerah. Terobosan itulah yang kurang ditangkap pemerintah setempat, sebab selama ini perajin lebih banyak mengandalkan kunjungan wisatawan.

Dibukanya Jalan Arteri Porong diharapkan bisa meningkatkan investasi di Sidoarjo. Sebab, akses baik masuk maupun keluar dari Sidoarjo melalui akses selatan sudah lancar.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Sidoarjo Joko Santosa mengatakan dengan dibukanya Jalan Arteri Porong, akan berimbas pada meningkatnya investasi di Sidoarjo."Sejak tahun 2009 investasi di Sidoarjo terus meningkat, tapi setelah dibukanya Jalan Artei Porong akan lebih meningkat lagi," tandasnya.[i/n]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Buat Nyaman Perjalanan Liburan Keluarga Idaman Anda, Kami Menyediakan Mobil Terbaik, Siap Pakai, Dapatkan Paket Spesial Akhir Tahun...
Mengunjungi: Bukit Sabda Bahagia, Gunung Karmel, Bukit Zion, Kubur Raja Daud, Kapel Kenaikan Yesus Ke Surga, Gereja Bapa Kami, Golgota ...
Kemana Ya Liburan Akhir Tahun Ini.... ? Di Tempat Ini Sangat Bagus Lho, Objeknya Sangat Bagus, Kesannya Sangat Romantis, Saat Ini Lagi Tren
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita,
Hotel Ini Sangat Bagus, Bersih Dan Murah Lagi... Pas Banget Dengan Kantong Kita-kita, Untuk Yang Bulan Madu Juga Pas Banget Lho...

TOUR & TRAVEL GUIDE

Cara Jitu Lihat Dunia Tanpa Keluarkan Banyak Uang
GriyaWisata- Menemukan cara untuk melihat dunia menjadi situasi sulit, terutama ketika Anda kekurangan uang tunai. Setiap tahun tentu Anda mencoba dan menyimpan uang untuk liburan dan terkadang uang yang terkumpul tak cukup untuk pergi berlibur ke sebuah tempat yang Anda tuju.  

Trik Agar Anda Tidak Boros
GriyaWisata.com- Kalau anda selalu merasa tak pernah puas dengan gaji yang diterima setiap bulannya maka anda perlu mengatur ulang daftar pengeluaran selama sebulan. Seperti di bawah ini: