Hari ini: Kamis, 24 April 2014 10:51
Barometer Otomotif Terkini

Hebohh... Pasar Tanggulangin Diserbu Wisatawan

Senin, 19 Maret 2012 13:35

Griyawisata.Com -- Pengrajin tas dan kulit di kawasan Pasar Wisata Tanggulangin bisa tersenyum. Pasalnya, kian hari kawasan tersebut didatangi banyak wisatawan dan berimbas pada kenaikan omzet mereka.

Awalnya, semburan lumpur Lapindo sempat memaksa banyak pengusaha tas dan kulit di kawasan tersebut gulung tikar. Padahal sebelum bencana lumpur datang, Pasar Wisata Tanggulangin menjadi salah satu tujuan wisata belanja di Jawa Timur.

Ahmad Muzzaki, salah seorang pengusaha tas dan kulit mengaku usaha kerajinan tas dan kulit mulai bergeliat lagi sejak 2009. Namun, belum sepenuhnya pulih karena sering terjadi kemacetan di Jalan Raya Porong.

"Sejak Jalan Arteri Porong dibuka, dalam beberapa hari ini ada kenaikan wisatawan yang berkunjung ke sini," ujarnya.

Diakui pria yang akrab disapa Zaki tersebut, dampak dibukanya Jalan Arteri Porong, bus pariwisata tidak terjebak macet dan bisa mengarahkan tujuan wisatanya ke Tanggulangin. Sebab, selama ini banyak wisatawan yang berasal dari luar daerah atau akan ke Malang tidak melewati Jalan Raya Porong.

Dibukanya Jalan Arteri Porong disambut baik oleh pengusaha tas dan kulit. Diharapkan kerajinan tas dan produk kulit lainnya yang memang asli Tanggulangin bisa lebih bergairah lagi. Jika pascakeluar semburan lumpur Lapindo banyak showroom yang tutup, kini sebagian besar sudah dibuka lagi.

"Kalau hari libur, seperti Sabtu dan Minggu banyak pengunjung. Apalagi kalau libur sekolah dan libur panjang lainnya," imbuh Sulton, salah satu perajin tas dan kulit.

Sekadar diketahui, Pasar Wisata Tanggulangin merupakan kawasan wisata belanja yang menjadi andalan Kabupaten Sidoarjo. Dalam sebulan, setiap pengusaha bisa membubukan omzet sampai Rp500 juta.

Namun setelah munculnya semburan lumpur Lapindo, kawasan tersebut berangsur sepi. Tak lain karena masyarakat mengira kalau kawasan tersebut terimbas lumpur. Ditambah lagi, akses menuju kawasan di Jalan Raya Porong kerap macet sehingga pengusaha paket wisata memilih
mencari kawasan lain yang masih lancar.

Faktor lain yang membuat kawasan tersebut semakin sepi adalah kurangnya publikasi dan pameran yang dilakukan Pemkab Sidoarjo. Alhasil, pengrajin tidak bisa memasarkan produknya ke luar daerah. Terobosan itulah yang kurang ditangkap pemerintah setempat, sebab selama ini perajin lebih banyak mengandalkan kunjungan wisatawan.

Dibukanya Jalan Arteri Porong diharapkan bisa meningkatkan investasi di Sidoarjo. Sebab, akses baik masuk maupun keluar dari Sidoarjo melalui akses selatan sudah lancar.

Kepala Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Sidoarjo Joko Santosa mengatakan dengan dibukanya Jalan Arteri Porong, akan berimbas pada meningkatnya investasi di Sidoarjo."Sejak tahun 2009 investasi di Sidoarjo terus meningkat, tapi setelah dibukanya Jalan Artei Porong akan lebih meningkat lagi," tandasnya.[i/n]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7053 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 3000AC19
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Solusi Promosi Hemat Produk-produk Perusahaan Anda, Dan Dapatkan Target Terbaik. Hub. 0215747057, 02182434009
Cari Hotel Bersih, Murah ? Dapatkan Benefit Dari Reservasi Kami Dan Kami Berikan Harga Terbaik. Resv : 0215747057
Pusat Tiket Promo Online Untuk Tujuan Domestik, Internasional, Seat Terbatas, Buruan Booking..... Resv: 0215747057
Rencanakan Perjalanan Keluarga Anda Dengan Wisata Hemat Ke Bali, Lombok Dan Destinasi Lainnya. Informasi

TOUR & TRAVEL GUIDE

Dokumentasikan Perjalanan Dengan Kamera Ini
GriyaWisata.com - Mendokumentasikan kegiatan selama perjalanan merupakan hal utama yang menyenangkan untuk dilakukan. Apalagi bagi Anda yang memang mempunyai atau baru saja memulai hobi travelling. Kenangan yang didapat selama perjalanan bisa jadi tidak bisa terulang meski dilakukan berkali-kali. Hal ini yang menjadikan dokumentasi perjalanan menjadi hal yang penting dan bisa menjadi kenangan untuk dibagi dengan orang lain. 

Begini Cara Agar Si Buah Hati Nyaman Saat Berwisata
GriyaWisata.com - Berwisata sekeluarga memang menagsikkan. Semua keluarga dapat menikmati keindahan dan keunikan alam yang akan dikunjungi. Namun bagaimana jika Anda itu membawa si buah hati yang imut. Tentunya hal tersebut dapat menjadikan liburan Anda ketempat wisata menjadi lengkap dan menjadikan hal paling bahagia. Di perjalanan Anda perlu menenangkan si buah hati agar tidak terlihat stress saat sampai tujuan.