Hari ini: Kamis, 24 Juli 2014 05:23
Barometer Otomotif Terkini

Monyet Mengamuk Di Ladang Jagung

Jumat, 25 Januari 2013 15:15
Ilustrasi (belajarbersamapagurussp)

GriyaWisata.com - Seluas 60 hektare tanaman jagung dan kacang siap panen di Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, dirusak monyet ekor panjang, kata Camat Ponjong, Haryo Ambarsuwardi di Gunung Kidul, Jumat.

 

 
Ia mengatakan, sedikitnya 250 monyet ekor panjang menyerang tanaman jagung dan kacang di wilayah Sumprit, Kenteng, Kanigoro dan Sumberan.
 
"Saat ini, masyarakat bersama lembaga swadaya masyarakat (LSM) sedang mengupayakan supaya monyet tidak menyerang tanaman milik warga," jata Haryo.
 
Dia mengatakan, monyet yang bertempat di Goa Songgilip dan Gunung Bandeng kekurangan pangan, akibatnya menyerang tanaman masyarakat.
 
Kata dia, Pemerintah Kecamatan (pemcam) Ponjong bekerjasama dengan LSM membuatkan rumah panggung dan menyediakan makanan monyet dengan harapan tidak menyerang tanaman masyarakat.
 
"Kami menyadari, monyet merupakan hewan yang dilindungi. Untuk itu, kami mengupayakan bagaimana monyet tetap mendapatkan makanan tanpa merusak tanaman warga," kata dia.
 
Staf pemberdayaan masyarakat Kecamatan Ponjong, Margono mengatakan, kejadian serangan monyet ekor panjang ini merupakan hal wajar. ketersediaan pakan di habitat monyet tersebut sedikit.
 
"Ini menjadi perhatian pemerintah kecamatan, bagaimana supaya keterdiaan pakan monyet tetap terjaga dan tanaman masyarakat tidak diserang," kata dia.
 
Dia mengatakan, tanaman jagung dan kacang di wilayah Karangasem dan Kenteng masih muda. Sementara, di wilayah Tambakromo akan memasuki masa panen. 
 
"Monyet ekor panjang merupakan aset yang dimiliki Kecamatan Ponjong. Kami tidak ingin populasi monyet berkurang, karena menjadi aset wisata. Kami berencana menjadikan Kecamatan Ponjong sebagai tempat wisata dan studi tentang monyet. Kami akan mengembangka tanaman matoa dan rambutan di Kecamatan Ponjong," kata dia.
 
Kepala Dusun Kanigoro, Sunaryo mengatakan serangan monyet ekor panjang terjadi setiap tahunnya. Serangan monyet biasanya terjadi pada musin panen jagung tiba.
 
"Kawanan monyet ini memakan jagung yang siap panen dan merusak tanaman kacang milik warga," kata dia.[ant]
Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

Diskon Voucher Hotel, Domestik Dan Internasional Dan Dapatkan Berbagai Benefit Dari Reservasi Anda. Hub: 0215747057
Dapatkan Kesempatan Paket Spesial Lebaran, Sewa Mobil Dengan Kendaraan Terbaik. Hubungi 0215747057
Dapatkan Tiket-tiket Promo Liburan Keluarga Anda, Perjalanan Dinas, Online Domestik Dan Internasional, Resv: 0215747057
Solusi Promosi Produk-produk Perusahaan Anda, Dan Dapatkan Target Terbaik. Hub. 0215747057
Nikmati Kesempatan Liburan Bersama Keluarga Idaman Anda, Paket Promo Asia. Hub: 0215747057

TOUR & TRAVEL GUIDE

Fakta Kenapa Ngemil Itu Sehat
GriyaWisata.com- Mengemil itu ternyata menyehatkan lho walaupun terkadang ngemil bisa membuat berat badan Anda bertambah. Mau tahu kenapa mengemil itu sehat untuk tubuh? Yuk, simak selengkapnya.  

Cara Jitu Agar Tangan Tetap Lembut & Halus
GriyaWisata.com- Tangan adalah bagian tubuh yang paling sering terekspos sinar matahari, debu, udara dingin dari ruangan ber-AC, air, dan juga bahan kimia dari sabun atau detergen. Hal ini membuat tangan lebih cepat kering dibandingkan dengan bagian tubuh lainnya.