Hari ini: Minggu, 14 Februari 2016 08:32
Barometer Otomotif Terkini

Bayi Tabung Di Indonesia Semakin Marak

Jumat, 29 Maret 2013 08:00
Ilustrasi (iendahcaemdewe)

GriyaWisata.com - Program bayi tabung (in vitro fertilization/IVF) di Indonesia kini sudah mengalami kemajuan pesat dan memiliki kualitas yang tidak kalah dengan program IVF dari luar negeri. 

 

 
"Beberapa klinik IVF di Jakarta bahkan sudah memiliki teknik dan pemeriksaan laboratorium terbaru yang mampu melihat sel sperma dengan pembesaran hingga 6.000 kali, jadi bisa melihat apakah ada kerusakan atau tidak," jelas Sekretaris Jenderal Perkumpulan Fertilisasi In Vitro Indonesia (Perfitri), dr Budi Wiwengko, Sp OG
 
Teknologi terkini itu, katanya, mampu menurunkan risiko kegagalan bayi tabung, terlebih saat memilih sel telur dan sel sperma unggul. Tehnik menyuntikkan satu sel sperma ke dalam sel telur untuk menciptakan pembuahan, juga sudah bisa dilakukan di klinik IVF di Indonesia. 
 
Tehnik penyuntikan sperma ini dilakukan supaya tidak mengganggu materi sel telur. Tehnik ini, katanya, salah satu cara yang membuat program IVF di Indonesia memiliki tingkat keberhasilan tinggi, yaitu 40 persen, serupa dengan tingkat keberhasilan di luar negeri. 
 
Tidak hanya peralatan dan laboraturium, namuan kualitas tenaga medis di Indonesia dikatakan Iko tidak kalah, bahkan beberapa dokter memiliki kemampuan melebihi dokter di luar negeri. 
 
"Namun saya harus akui bahwa jumlah klinik bayi tabung di Indonesia memang masih sedikit, yaitu 26 klinik di 11 kota besar," tutur kata dia. 
 
"Selain itu, keinginan pasien terkadang berbenturan dengan regulasi, seperti ingin melakukan surrogate atau ibu pengganti, donor sperma dan donor telur," kata dia.[ant/bm]
Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Sumatera Selatan Memiliki Danau Cinta
Sumatera Selatan,GriyaWisata.Com - Hampir semua orang di Indonesia mengetahui destinasi wisata Sumatra Utara yang terkenal hingga manca negara yaitu danau Toba.

Berburu Hadiah Valentine Ke Kampung Cokelat Blitar
GriyaWisata.Com - Hari Valentine, hari yang sangat indah bersama pasangan. Momen yang tepat ungkapkan perasaan kepada sang pujaan. Jelang Valentine, sangat ramai berburu hadiah yang akan diberikan kepada kekasih hati. Termasuk Kampung Coklat Blitar ini, sangat ramai dikunjungi.