Hari ini: Selasa, 9 Februari 2016 01:32
Barometer Otomotif Terkini

Waspadai Gelombang Tinggi Capai 2,5 meter di Laut Lebak

Sabtu, 2 Juni 2012 10:00

Griyawisata.Com -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Serang memprakirakan tinggi gelombang laut selatan Kabupaten Lebak mencapai 2,5 meter dengan kecepatan angin rata-rata 30 kilometer per jam.

Koordinator Analis Cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Serang, Abdul Mutholib, Jumat malam, memprediksi ketinggian gelombang laut selatan Kabupaten Lebak berkisar 0,8 meter sampai 2,5 meter dengan tiupan angin bergerak dari tenggara dengan kecepatan 30 km/jam.

Gelombang bergerak dari tenggara dengan jarak pandang 4--7 kilometer. Begitu pula, tinggi gelombang laut di Selat Sunda bagian utara berkisar 0,5--1,0 meter dengan kecepatan angin rata-rata 30 km/jam atau 15 knot.

Tiupan angin bergerak dari tenggara dan gelombang dari arah tenggara. Cuaca berawan berpeluang hujan dengan intensitas sedang terjadi sore dan malam hari.

Suhu udara pada siang hari minimal 24 derajat Celsius dan maksimal 32 derajat Celsius dengan tingkat kelembaban 50 persen sampai 93 persen. Ia mengatakan bahwa cuaca pesisir selatan Kabupaten Lebak yang meliputi Pantai Binuangeun, Suka Hujan, Cihara, Bayah, Karangtaraje, Sawarna, Pulomanuk, dan Ciantir, dinyatakan waspada bagi nelayan serta pelaku pelayaran.

"Kami minta nelayan perahu kecil atau tongkang berhati-hati jika melaut," katanya.

Abdul mengimbau pengunjung wisata pada akhir pekan tidak berenang maupun bermain di sekitar kawasan pantai karena tiupan angin kencang dan gelombang cukup tinggi.

Saat ini, BMKG mengeluarkan peringatan kewaspadaan bagi nelayan dan pelaku pelayaran di pesisir pantai Selatan Kabupaten Lebak. Saat ini, gelombang laut di perairan Samudra Hindia relatif cukup tinggi hingga berpeluang 3 meter.

Pihaknya telah menyampaikan informasi cuaca kepada pemerintah daerah, nelayan, dan Kesyabandaran Binuangeun untuk mencegah korban kecelakaan laut.

"Sebaiknya, kami sarankan nelayan pesisir selatan Lebak tidak melaut karena cuaca memburuk dengan ketinggian gelombang 2,5 meter dan angin kencang rata-rata 30 km /jam," katanya. [ant]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Liburan Panjang Imlek, Jam Gadang Sangat Ramai Wisatawan
GriyaWisata.Com - Liburan panjang Imlek, merupakan liburan yang sangat berbeda dengan liburan biasa. Saat Imlek, daerah pecinan umumnya sangat ramai, namun berbeda dengan di Bukittinggi ini, Jam Gadang yang menjadi pusat perhatian dan ramai kunjungan wisatawan.

Sleman Mempunyai Rumah Ala Teletubbies yang Unik
Sleman,GriyaWisata.Com - Banyak sekali tempat wisata yang asyik dikunjungi saat liburan di DI Yogyakarta. Di Sleman misalnya, ada komplek yang mirip rumah Teletubbies. Di Sumberharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta terdapat perumahan yang unik yang masyarakat disekitarnya menyebut Desa wisata Perumahan Teletubbies atau Rumah Dome.