Hari ini: Rabu, 2 September 2015 10:57
Barometer Otomotif Terkini

Masjid AL Alam Marunda

Jumat, 10 Juni 2011 10:55

GriyaWisata.Com-Begitu banyak masjid yang ada di Jakarta, khususnya di Jakarta Utara terdapat masjid yang sudah berusia ratusan tahu lamanya yaitu masjid AL Alam masjid yang terletak di tepi Jakarta tepat nya di daerah Marunda, kecamatan Ciclincing, Jakarta Utara.

Masjid ini sering dikenal dengan nama lain yaitu masjid Si Pitung, Masjid AL Alam 2, dan masjid AL Auliya. Masjid yang di bangun sekitar tahun 1572 ini oleh Fatahillah setelah mengalahkan Portugis di Sunda Kelapa dan kononya masjid ini dibangun hanya memerlukan waktu semalam saja.

Sekitar tahun 1628-1629 pasukan prajurit mataram pimpinan Bahurekso menyerang markas VOC (yang sekarang jadi Gedung Sejarah Jakarta) dimana pasukan ini lebih tiba terdahulu dan singgah di Marunda dibandingkan tentara Belanda. Dan menjadikan masjid AL Alam sebagi markasnya.

MASJID_ALALM1

Masjid yang begitu sederhana ini sanggat lah berguna untuk warga jakarta khususnya warga sekitar Marunda yang mengunakan masjid tersebut untuk kegiatan ibadah Agama Islam, masjid ini memiliki empat pilar yang berdiri untuk menyangga atap masjid, serta beberapa pilar untuk menyangga mihrab, konstruksi Tiang Sokoguru yang dibangun pada abad ke-18.

MASJID_ALALM2gTampak di sebelah masjid AL Alam terdapat bagunan pendopo, dan ada pula makam tua yang dikeramatkan dan sering di kunjungi oleh pejiarah. Pada Tahun 1999 masjid ini di jadikan sebagai Cagar Budaya oleh Pemerintah Daerah khusus Ibukota Jakarta.
MASJID_ALALM3Tidak hanya tentara Demak Mataram saja yang mengunakan masjid ini sebagai markas tetapi orang yang terkenal dengan kisahnya dari tanah Jakarta yaitu,  Si Pitung, Si Ronda, Si Jampang, Si Mirah, dan yang lain-lainya  pernah bersembunyi di masjid ini agar tidak tertangkap oleh Belanda karena konon ceritanya , bila bersembunyi di masjid ini tidak akan kelihatan oleh tentara Belanda.
MASJID_ALALM4Sungguh banyak sekali kisah sejarah yang terukir di masijid yang sudah berusia ratusan tahun lamanya ini, masjid yang sederhana dan bila Anda lihat masjid ini masih mengunakan atap dari genteng yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Bila Anda kesana dan berada didalam masjid akan begitu sejuk apalagi di bawah pendopo yang berada di samping masjid pasti anda akan betah disana.[wahyu/serli]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Singapore & Malaysia + MotoGP SIC 5D4N
Highlight:Marina Bay Sand, Sky Park, Fountain of Wealth, Esplanade by the bay, Merlion Park, Chinatown, Twin Tower, King Palace, Independence Square, National Monument, Genting Highland, Batu Cave, Sepang MotoGP

11 Hari NAPAK TILAS di BUMI para NABI (JORDANIA–PALESTINA–Al Aqsa
Ziarah jejak para Nabi:Ibrahim AS, Ishaq AS, Yakub AS, Yusuf AS, Musa AS, Harun AS, Syu’aib AS, Yusha bin nuun AS, Saleh AS, (tempat lahir Nabi Isa AS), Siti Sarah(istri Nabi Ibrahim AS), Rifqah(istri nabi Ishaq AS) Tempat yang di kunjungi:Mesir: Makam Imam Sya’fi RA, Terusan Suez, Mata Air Musa, Al Wadi Al Muqaddas, Gn.Sinai (Jabal Al thur), Piramida, Sungai NIL.Palestina: Masjid Al Aqsa, Dome Of The Rock, Tembok Ratapan, Makam Salman Al Farisi, Rabiah El-Adawiyah, Masjid Umar Bin Khatab, Makam Nabi Daud AS, Tempat Lahir Nabi Isa AS, Makam Nabi Ibrahim AS, Dll.Jordania: Makam Bilal bin Rabah (Muazzin Rasulullah), Abd Rahman bin Auf, Gua Ashabul Kahfi.