Hari ini: Kamis, 28 Juli 2016 17:16
Barometer Otomotif Terkini

Ramadhan Di Tanah Mekkah

Jumat, 19 Juli 2013 16:35
Ilustrasi (hajjandumraexpress)

GriyaWisata.com - Ramadhan punya cita rasa istimewa di Makkah, kota suci umat Islam yang ada di Arab Saudi bagian barat.

 
Kehidupan secara dramatis berubah bersama dengan kebiasaan makan, beberapa menu umum juga berganti dengan menu khusus Ramadhan.
 
Para imam masjid membaca kitab suci Al Quran dari awal hingga akhir atau "Khatm Al-Qur'an", yang dirayakan dengan membagikan permen ke jamaah.
 
Saat berbuka, hanya kurma dan kopi Saudi yang boleh dimakan di dalam Masjidil Haram, demikian menurut artikel Ahmad Wahaj Siddiqui di laman Arab News.
 
Orang-orang membagikan kurma dengan harapan bisa mendapat lebih banyak pahala. 
 
Sementara di bagian luar Masjidil Haram, udara penuh aroma macam-macam makanan.
 
Samosa, minuman dari yoghurt yang disebut Rooh-Afza, dan Vimto--minuman karbonasi yang diproduksi di Arab Saudi-- menyegarkan kembali orang-orang yang sepanjang hari berpuasa.
 
Orang-orang punya waktu sekitar 10 menit untuk makan saat matahari terbenam, setelah seharian berbuka puasa.  
 
Setelah itu ribuan orang yang bekerja di Masjidil Haram memulai tugas mereka, mengumpulkan taplak-taplak plastik bekas berbuka, membersihkan masjid untuk shalat Magrib.
 
Di rumah, orang-orang Saudi yang tinggal di Makkah menikmati hidangan sup khusus yang dibuat dari pechaan gandum, daging dan rempah yang disebut Shorbat Al-Habb.
 
Sup itu katanya bisa mengembalikan tenaga yang hilang setelah sehari penuh berpuasa.
 
Menu yang paling umum di Makkah selama Ramadhan adalah kabsa (nasi campur rempah, daging dan sayur khas Timur Tengah), zurbiyan (nasi campur rempah dan daging kambing), mandi (nasi campur rempah dan daging ayam atau kambing), dan daging panggang.
 
Setelah menunaikan shalat Maghrib, orang-orang memadati restoran-restoran dan bergegas kembali ke masjid untuk menjalankan shalat Isya dan Tarawih.[Ant]
Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Wow Koper Bisa Berubah Jadi Skuter
Chicago,GriyaWisata.Com - Sekarang ini bagi traveler yang sering bepergian kini ada koper canggih yang bisa diduduki dan dikendarai layaknya skuter lengkap dengan setang. Tak sedikit traveler mengeluh saat membawa koper yang berat. 

Banyuwangi Adakan Festival Padi Awali Ritual Musim Tanam
Banyuwangi,GriyaWisata.Com - Hari khusus Rabu Manis (Rabu Legi) dipilih sesuai kesepakatan seluruh Gapoktan untuk memulai musim tanam di pertengahan tahun 2016. Festival padi di Banyuwangi diawali dengan ritual "tiris", rapalan doa dan pengharapan yang biasa dilakukan petani di Sumbergondo sebelum melakukan prosesi tanam padi digelar.