Tembi Rumah Budaya, Penginapan dengan Nuansa Kearifan Lokal Yogyakarta

Daftar isi [Tampil]

Tembi rumah budaya merupakan salah satu tempat wisata berupa museum modern yang mencatat, menyimpan serta memfasilitasi banyak informasi tentang budaya, bahkan uga sejarah Jawa.

Dalam tempat ini telah tersimpan banyak warisan bersejarah misalnya tombak, keris, dokumentasi, naskah kuno hingga perlengkapan dapur yang rakyat gunakan pada zaman dahulu.

Tembi Rumah Budaya Bentuk Kearifan Lokal Jawa Tempo Dulu

Bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta, rasanya kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat-tempat wisatanya. tak hanya wisata alam saja yang kota ini tawarkan. Mulai dari wisata kuliner hingga wisata seni budaya.

desa wisata tembi
desa wisata tembi / IG @desawisatatembi

Dengan mengunjungi tempat yang bersejarah serta mempunyai nilai seni edukasi tradisional, membuat anda sebagai pengunjung akan mengetahui banyak hal tentang kearifan lokal masyarakat Yogyakarta.

Terdapat banyak sekali wisata edukatif dan bersejarah di Yogyakarta yang bisa anda kunjungi, seperti Watu Lambung, Bank sampah, Museum Batik serta Tembi Rumah Budaya.

Asal Mula Nama Desa Tembi

Sejarah dari wisata budaya ini dari sebuah desa yang mana semua abdi dalem keraton Yogyakarta tinggal guna menyusui keturunan dari keraton. Sehingga, desa tersebut juga dikenal dengan Desa Tembi.

Wilayah museum tersebut mempunyai luas 3.500 meter persegi. Terdiri atas bangunan utama yang mencapai 1.057 meter persegi. Dalam luas bangunan utama tersebut terdapat ruang Bale Karya, Bale Olahan, Bale Rupa, bale Inap, perpustakaan, Museum serta Kolam renang.

Kemudian, yang bisa wisatawan ambil dari keunikan desa Tembi ini adalah kemandiriannya. Dalam museum, tidak ada dukungan biaya pengelolaannya dari lembaga atau instansi yang terkait.

pameran seni tembi rumah budaya / IG @alsaira
pameran seni tembi rumah budaya / IG @alsaira

Keseluruhan biaya operasional diperoleh dari pendapatan pengelolaan aktivitas komersial yang dilakukan oleh rumah budaya ini. Aktivitas komersial tersebut seperti kamar penginapan, rumah makan, ruang pertemuan, galeri dan kolektor yang memasang karyanya, bahkan dari persewaan bangunan pendopo.

Kelebihan Rumah Budaya

Tembi Rumah Budaya ini memberikan tawaran yang unik dan menarik yang berupa suasana Jawa Kuno sambil menyaksikan banyak pertunjukan kesenian. bahkan, pengunjung bisa mengambil wawasan serta ilmu pengetahuan tentang sejarah Jawa kuno.

Dalam museum, pengunjung juga bisa melihat banyak koleksi benda yang memiliki nilai sejarah. Benda-benda tersebut dipajang dalam galeri, bahkan pengunjung juga bisa membelinya dari seniman atau kolektor yang berbakat.

Pertunjukan seni yang digelar seperti macapat, wayang, puisi dan masih banyak lagi. Kemudian, pengunjung juga bisa merasakan nuansa yang sunyi dan damai saat malam tiba degan menginap dalam bale inap dengan banyak pilihan kamar yang bervariasi.

Harga sewa kamar mulai dari harga Rp 430.000 per malamnya. Kemudian, yang tak boleh pengunjung lewatkan adalah resto dari bale olahan.

kolam eksotis tembi rumah budaya
kolam eksotis tembi rumah budaya / IG @tembi_rumah_budaya

Bale Olahan menyediakan banyak makanan atau kuliner khas dari menu spesial Jawa. Resep yang dihadirkan dalam hidangan makanan dan minuman memakai cita rasa otentik khas Serat Centhini.

Lokasi Rumah Budaya

Bagi anda yang belum pernah mengunjungi wisata budaya ini, bisa langsung menuju Desa Tembi dengan alamat Jalan Parangtritis Km 8,4, Desa tembi, Kelurahan Timbulharjo, Kecamatan Sewon, Bantul, Yogyakarta.

Destinasi wisata Tembi rumah Budaya ini ada di sejauh 10 kilometer dari pusat kota. Anda bisa menempuhnya dalam waktu 30 menit dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Jangan khawatirkan akses ke lokasi, karena jalanannya pun telah bagus dan lancar.

Adakah Tiket Masuk ke Desa Tembi?

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini sebenarnya tidak dikenakan tarif tiket masuk. Anda bisa berjalan-jalan keliling desa dengan leluasa.

Namun, jika anda memilih untuk menggunakan fasilitas atau sejumlah paket yang ditawarkan, maka akan terkena sejumlah biaya tergantung dengan fasilitas apa yang anda inginkan. Mulai dari Rp 35.000 anda bisa menikmati semua layanan yang tersedia.

Namun, anda juga akan ditawarkan dengan paket yang lebih murah untuk bisa menikmati paket eksklusif dan lainnya. Mulai Rp 170.000 untuk paket standar, atau Rp 280.000 untuk paket eksklusif, bahkan paket pelajar/mahasiswa Rp 125.000. Tentu saja, harga paket lebih murah dari harga satuan ke wisata Tembi Rumah Budaya.