Shouter Tutorial: Cara Buat Nada Dering WA Menyebutkan Nama Si Pengirim Pesan

Daftar isi [Tampil]

Notifikasi atau nada pemberitahuan yang unik adalah salah satu cara membuat smartphone Anda menjadi lebih menarik. Sayangnya, notifikasi bawaan di setiap merk smartphone sudah ditentukan dan tidak terdengar menarik, karena orang lain bisa punya nada notifikasi yang sama dengan Anda.

Tapi, sekarang ada banyak aplikasi yang bisa Anda pakai untuk membuat nada dering dan pemberitahuan di smartphone terdengar berbeda dari yang lain. Salah satu aplikasi tersebut bernama Shouter. Bagaimana cara membuat nada dering unik dengan app ini?

buat nada dering wa menyebutkan nama
buat nada dering wa menyebutkan nama

Download App Ringtone Unik Memanggil Nama Gratis

Aplikasi pembuat ringtone Shouter sebenarnya tersedia di Play Store, tapi Anda harus membayar biaya sebesar $0.99 untuk bisa menggunakan app yang canggih ini. Ada cara lain untuk bisa menggunakan Shouter tanpa harus membayar biaya apapun, yaitu download melalui link di bawah ini:

Nama AplikasiShouter
Versi AplikasiApk v3.91
Ukuran Aplikasi1,34 MB
Pengembang Apk4all.com dikembangkan dari app buatan BHK
Sistem OperasiAndroid
Harga AplikasiGratis
Link Unduhplay.google.com/store/apps/details?id=com.bhkapps.shouter

File di atas mempunyai ekstensi .apk dan hanya bisa dipakai di perangkat Android saja, baik tablet maupun smartphone. Anda tidak bisa menjalankan aplikasi Shouter di perangkat selain Android, seperti iOS maupun Windows. Setelah mengunduh aplikasinya, pasang di perangkat Android Anda.

Cara Membuat Ringtone Unik Memanggil Nama

Ada beberapa langkah untuk Anda ikuti agar bisa menciptakan nada dering menyebutkan nama pengirim yang paling unik, seperti memanggil nama Anda atau membacakan teks atau chat yang masuk ke perangkat Android. Langkah yang perlu diikuti sangat mudah. Ikuti saja langkah-langkah berikut ini:

  • Buka aplikasi Settings atau Pengaturan di perangkat Android dan pastikan bagian Sumber Tidak Dikenal sudah aktif
  • Selanjutnya temukan aplikasi Shouter berbentuk .apk yang tadi sudah diunduh. 
  • Tap file tersebut lalu tap Install. Tunggu hingga app terpasang di smartphone.
  • Shouter menawarkan berbagai pilihan bahasa. Ada Bahasa Indonesia, Inggris, Jerman, Rusia, dan Spanyol. 
  • Pilih bahasa sesuai keinginan Anda atau sesuaikan dengan bahasa yang digunakan di sistem smartphone Android Anda. Tap tombol OK setelah memilih bahasa.
  • Agar bisa berfungsi secara maksimal, Anda harus mengizinkan Shouter untuk mengakses mikrofon, kontak, SMS, serta media
  • Tap tombol Izinkan untuk memberikan akses pada Shouter. Centang kotak kecil disamping Enable untuk mengaktifkan Shouter.
  • Bagian Silent Hours bisa diatur untuk menentukan kapan nada dering dari Shouter ini akan diaktifkan dan dimatikan. Tinggal centang saja kotak pada jam tertentu setiap harinya untuk mengaktifkan nada dering tersebut.
  • Di bagian Manage Shouts Anda bisa mengatur nada dering khusus untuk Panggilan (Call), Pesan (Message), Pengingat (Reminder), atau notifikasi lain, seperti notifikasi app khusus atau status baterai smartphone.
  • Tap salah satu menu di Manage Shouts untuk mengatur nada dering. 
  • Pastikan kotak di Enable sudah dicentang
  • Tentukan suara yang akan menjadi nada dering panggilan atau pesan di bagian Customize your voice notification message. Tap Done setelah selesai.
  • Untuk panggilan dari nomor yang tidak tersimpan di smartphone, Anda bisa mencentang bagian Read Number. Kalau fitur ini diaktifkan, Shouter akan menyebutkan nomor yang menelpon sehingga Anda akan tahu kalau ada telepon dari nomor yang tidak dikenal.
  • Bagian Muting Options bisa Anda atur untuk menyesuaikan cara mematikan notifikasi atau nada dering yang muncul. Misalnya Anda bisa memilih Screen On untuk mematikan pemberitahuan dengan cara menyalakan layar smartphone Android.
  • Bagian Voice Settings menyediakan berbagai pilihan suara yang bisa Anda tentukan untuk membuat nada dering atau ringtone dan notifikasi jadi lebih unik dan menarik. Misalnya Anda bisa memilih suara pria atau suara wanita sesuai keinginan Anda.

Setelah menyelesaikan semua pengaturan dan memastikan lagi bahwa semua tanda Enable sudah dicentang, Anda bisa mencoba menelepon, mengirim pesan SMS, atau mengirim chat ke aplikasi chat semacam WhatsApp atau Telegram ke smartphone Android tersebut menggunakan HP lain.

Kalau Anda merasa suara yang diinginkan kurang cocok, Anda bebas mengatur ulang suara nada dering atau notifikasi pesan dengan mengulangi langkah-langkah yang ada di atas. Selanjutnya, Anda tinggal memamerkan nada dering unik yang baru saat berkumpul bersama teman-teman.