Hari ini: Senin, 25 Juli 2016 22:41
Barometer Otomotif Terkini

Populasi Pohon Kawista, Yang Dapat Dipakai Sebagai Bahan Sirup dan Dodol Terancam Punah

Rabu, 21 September 2011 15:51

GriyaWisata.Com-Populasi kawista di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, terancam punah karena tidak banyak lagi dikembangkan masyarakat di kabupaten itu seiring pertumbuhannya yang dinilai lambat. 

Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang Sutomo mengatakan populasi kawista memang mulai menipis, padahal pohon yang buahnya dapat diolah menjadi sirup atau dodol.

"Persoalan masa tumbuh menjadi alasan warga tak lagi mengembangkan tanaman kawista. Paling tidak butuh waktu sepuluh tahun untuk menunggu pertumbuhan kawista dari bibit hingga berbuah," paparnya.

Selain itu, kata dia, seiring kebutuhan area perumahan warga yang cukup tinggi, pohon kawista banyak yang kemudian ditebang.

"Di Rembang, kawista bisa tumbuh dengan baik, dan buahnya dimanfaatkan oleh penduduk setempat untuk dibuat sirup yang bercita rasa khas, berbeda dari sirup-sirup lainnya," tuturnya.

Kepala Bidang Pertanian pada Dinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Rembang, Mulyono, mengatakan tanaman berdaun kecil itu pada tahun 1990-an masih mencapai ribuan. "Namun, kini jumlahnya tak lebih dari 948 pohon, dan paling banyak terdapat di Kecamatan Rembang dan Lasem," ucapnya.

Ia menjelaskan upaya melestarikan tanaman khas Rembang itu sebenarnya pernah dirintis pada sejak 2001. "Distanhut melakukan pembibitan secara generatif kawista hingga ratusan batang," katanya.

Ia juga mengatakan bahwa Perum Perhutani KPH Mantingan, pada tahun 2010 lalu, juga berhasil menyemaikan 3.000 batang bibit kawista. [ndis/serli]

Baca juga:
Rating artikel: Belum ada rating
Rating
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full
  • icon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_fullicon_star_full


Redaksi: redaksi@griyawisata.com
Informasi Pemasangan Iklan:
hubungi :
Telepon 021-574 7057 · Fax 021-824 33 979
Raymond di 0812-881-230-00 · raemond@mustangcorps.com · Blackberry: 7588039D
Barometer Properti Terkini

Follow Us!

Need Help

Iklan Niaga

TOUR & TRAVEL GUIDE

Banyuwangi Adakan Festival Padi Awali Ritual Musim Tanam
Banyuwangi,GriyaWisata.Com - Hari khusus Rabu Manis (Rabu Legi) dipilih sesuai kesepakatan seluruh Gapoktan untuk memulai musim tanam di pertengahan tahun 2016. Festival padi di Banyuwangi diawali dengan ritual "tiris", rapalan doa dan pengharapan yang biasa dilakukan petani di Sumbergondo sebelum melakukan prosesi tanam padi digelar.

Beberapa Tips Yang Harus Traveler Tahu Tentang Turbulensi Pesawat
Jakarta,GriyaWisata.Com  Bagi traveler yang sering menggunakan pesawat terbang pasti pernah mengalam turbelensi. Apa itu Turbelensi??, Turbulensi adalah perubahan kecepatan aliran udara yang menyebabkan goncangan pada tubuh pesawat, baik kecil maupun besar. Turbulensi pada dasarnya merupakan hal yang wajar. Hal pertama yang harus dilakukan adalah tetap tenang  dan jangan panik.